Rabu, 04 Juli 2012

CABE HIJAU / CABE MERAH

Cabai hijau atau cabai merah atau lombok (bahasa Jawa) adalah buah dan tumbuhan dengan keluarga solanaceae

Nama Daerah :

Sumatera : campli, capli (Aceh), ekiji-kiji kidi-kidi (Enggano), leudeu (gayo), lacina (Batak Karo), lasiak, lasina (Batak Toba), lada sebua (Nias), raro sigoiso (Mentawai), lado (Minangkabau), cabi (Lampung), cabe, lasinao (Melayu). Jawa : cabe, lombok, sabrang, (Sunda), lombok, mengkreng, cabe (Jawa), cabhi (Madura), tabia (Bali). Nusa Tenggara : sebia (Sasak), saha sabia (Bima), mbaku hau (Sumba), koro (Flores), hili (Sawu). Kalimantan : sahang (Banjar), rada (Sampit), sambatu (Ngaju). Sulawesi : rica (Mna-do), bisa (Sangir), mareta (Mongondow), malita (Gorontalo), lada (Makasar), ladang (Bugis). Maluku : manca (Seram), siri (Ambon), kastela (Buru), maricang (Halmahera), rica lamo (Ternate, Tidore), meresen (Kalawat), rihapuan (Kapaon), risak (Sarmi), ungun gunah (Berik).
Nama Asing :
La chiao (C), spaanse paper (B), piment guinea pepper, cayenne pepper, red pepper (I), poivre long (P), beisbeere, spanischer pfeffer (J).

Nama Simplisia :
Capsici Fructus (buah cabai merah)


Manfaat cabe hijau atau cabe merah adalah sebagai berikut :

-Mata dan kulit
Keluarga capsicum mampu membantu menjaga kesehatan kulit, seperti mencegah ruam dan jerawat. Selain itu, keluarga capsicum ini pun mengandung vitamin A, yang baik untuk mata dan membantu mencegah penyakit mata

-Pencegahan kanker
Capsicum mengandung senyawa yang dikenal sebagai capsaicins yang mencegah dari pengikatan karsinogen (zat pendorong timbulnya kanker) dengan DNA, sehingga memberikan beberapa perlindungan dari kanker

-Nyeri
Capsaicins juga memblokir transmisi nyeri dari kulit ke sumsum tulang belakang dan mencegah sensasi rasa sakit. Ini sangat membantu dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan nyeri.

-Membakar kalori
Dengan mengkonsumsi capsicum mempercepat kinerja metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Ini juga mengurangi berat badan naik karena diet lemak tinggi. Selain itu juga mampu mencegah gangguan pencernaan. Sebagai stimulan kardiovaskular, cabai juga mengatur tekanan darah dan menurunkan kolesterol, serta trigliserida dalam tubuh.

-Rambut tebal dan sehat
Ekstrak capsicum adalah salah satu produk terbaik meningkatkan pertumbuhan rambut. Ekstrak ini dapat mencegah hairfall dan membantu Anda memertahankan rambut lebih tebal dan lebih sehat. Tapi keramas menggunakan ekstrak capsicum seperti dengan bubuk cabai kering yang pedas menghadirkan sensasi pedas di kepala, jadi berhati-hatilah ketika menggunakannya

kandungan kimia

Buah mengandung kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin (A,C), damar zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, dan lutein. Selain itu, juga mengandung mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan niasin.

Zat aktif kapsaisin berkhasiat sebagai stimulan. Jika seseorang mengkonsumsi kapsaisin terlalu banyak akan merasakan rasa terbakar di mulut dan keluaenya air mata.

Indikasi

Buah digunakan untuk pengobatan :
· Rematik
· Sariawan
· Sakit gigi
· Influensa
· Meningkatkan nafsu makan

Getah daun digunakan untuk :
· Mempermudah persalinan


1 komentar:

  1. Caesars welcomes 2 new players as part of $20M - JTM Hub
    Caesars Entertainment Inc. 익산 출장샵 announced 경기도 출장샵 today 광명 출장안마 it has agreed to acquire 동해 출장샵 Wynn Resorts for approximately 인천광역 출장샵 $20 million.

    BalasHapus